Mejuah- juah...........................
Blog ini dibuat sebagai ajang sharing untuk kawan - kawan permata yang ada diseluruh pelosok nusantara yang dapat membangun iman serta sosok diri permata GBKP. Blog ini juga berisi tentang kegiatan - kegiatan permata GBKP yang ada di Kepri terkhusus lagi untuk kegiatan permata GBKP batam Centre. Salam Damai Dalam Nama Kristus Amin............

About Me

Foto Saya
REDO
BATAM, KEPRI, Indonesia
GONE WITH THE WIND
Lihat profil lengkapku
Tuhan......... memberi Pelangi di setiap air mata..
Alunan merdu di setiap helaan nafas..
Berkat di setiap cobaan..
Dan jawaban indah di setiap doa..
Diberdayakan oleh Blogger.

GBKP

GBKP

PERMATA

PERMATA

Comunity

03 Agustus 2010

Denah dan Keterangan Rumah Adat Karo (Siwaluh Jabu)


Ini adalah denah dan gambar dari Rumah Adat Karo.


rumah adat karo

KETERANGAN

* JABU BENA KAYU : didiami oleh para keturunan simantek kuta (Golongan Pendiri Kampung)

* JABU SEDAPUR BENA KAYU (PENINGGEL-NINGGEL) : Didiami oleh Anak Beru Menteri dari simantek kuta /Jabu Bena Kayu (1)

* JABU SEDAPUREN LEPAR UJUNG KAYU (BICARA GURU) : Didiami oleh Guru/Tokoh Spiritual atau Tabib yang mengetahui berbagai pengobatan. Bertugas untuk mengobati anggota rumah yang sakit.

* JABU LEPAR UJUNG KAYU (MAN-MINUM) : Didiami oleh Kalimbubu Jabu Bena Kayu (1)

* JABU UJUNG KAYU (ANAK BERU) : Didiami oleh Anak Kuta atau Anak Beru dari Jabu Bena Kayu, yang berfungsi sebagai juru bicara Jabu Bena Kayu.

* JABU SEDAPUR UJUNG KAYU (RINTENENG) :Didiami oleh sembuyak dari Ujung Kayu, bertugas untuk engkapuri belo, menyerahkan belo kinapur kepada tamu Jabu Bena Kayu (1).

* JABU SEDAPUREN LEPAR BENA KAYU : Didiami oleh Puang Kalimbubu dari Jabu Bena Kayu (1) disebut juga Jabu Pendungin Ranan dan dalam Runggun Adat Karo persetujuan terakhir diberikan oleh Puang Kalimbubu.

* JABU LEPAR BENA KAYU (SUNGKUN BERITA) : Didiami oleh sembuyak dari Jabu Bena Kayu (1), berfungsi untuk mendengarkan berita yang terjadi di luar rumah dan menyampaikannya kepada Jabu Bena Kayu (1)

0 komentar: